Mojang Kebonpedes Juara Design Batik Terbaik Kabupaten Sukabumi

Sasagaran, 28 Agustus 2017

Kegiatan Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2017 telah melahirkan sosok panutan muda mudi baru yang menjadi inspirasi bagi kalangan muda yang sadar akan potensi pelestarian wisata, budaya dan seni yang ada di Kabupaten Sukabumi. Sebanyak 15 Pasang Mojang Jajaka yang mewakili 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi ini berlomba untuk meraih predikat sebagai Mojang Jajaka Pinilih untuk mewakili Kabupaten Sukabumi ditingkat Jawa Barat.

Perhelatan yang di gelar pada 26 Agustus 2017 di Taman Rekreasi Cimalati Cicurug oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi ini melahirkan sepasang Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2017 yang diraih oleh Laras Ramadhania (Mojang) asal Parungkuda dan Iqbal Muhamad (Jajaka) asal Bantargadung. Sementara wakil Kebonpedes Syifa Munzia asal Desa Sasagaran Kp. Cikawung RT. 01 RW. 05  berhasil meraih penghargaan sebagai Best Design Kain Batik Modifikasi yang menggunakan motif batik pakujajar sebagai kain batik khas Kabupaten Sukabumi.

Ini kali ke 5 wakil Kebonpedes meraih predikat di ajang tersebut, yang sebelumnya diikuti pasa 2012 menjuarai sebagai Wakil II Jajaka Kabupaten Sukabumi, Duta Pencegahan HIV AIDS Kabupaten Sukabumi 2014 (Mojang) dan Jajaka Pinilih Kabupaten Sukabumi 2014, Jajaka Pinilih Kabupaten Sukabumi 2015 dan Duta Pencegahan HIV AIDS Kabupaten Sukabumi 2016 (Jajaka).

Pada babak penjurian terbuka (grand final) sabtu malam, Syifa (red : Wakil Kebonpedes) dengan tenang menjawab pertanyaan dewan juri yang meminta menyebutkan dan menjelasakan mengenai sapta pesona, dan secara tegas jelas dan tenang mojang yang pernah menjadi anggota Paskibraka Kota Sukabumi tahun 2011 ini menjawab bahwa “Sapta Pesona merupakan identitas pariwisata yang dimana tiga diantaranya adalah aman, nyaman dan kenangan. pariwisata harus memberikan rasa aman terhadap wisatawan yang datang sehingga tidak merasa terancam keberadaannya ketika berada ditempat wisata tersebut, rasa nyaman memberikan kenyamanan terhadap wisatawan sehingga mereka betah untuk berlama-lama berada ditempat wisata tersebut dan kenangan adalah hal atau hasil buah tangan baik itu souvenir maupun photo yang dapat dijelaskan kepada masyarakat luas karena telah datang pada tempat wisata tersebut sehingga wisatawan lain akan mampu tertarik untuk datang ketempat wisata tersebut”.

Pada malam grand final, dipilih juga juara atribute lain :

  1. Mojang Jajaka Pinilih Kabupaten Sukabumi 2017
    Laras Ramadhania (Parungkuda) & Iqbal Muhamad (Bantargadung)
  2. Mojang Jajaka Wakil I Kabupaten Sukabumi 2017
    Melani Putri Priana (Bojonggenteng) & Aldi Abdul (Cikembar)
  3. Mojang Jajaka Wakil II Kabupaten Sukabumi 2017
    Pujia Nuryamin (Ciambar) & Aldi Ikhlas (Parungkuda)
  4. Mojang Mimitraan (Persahabatan) Kabupaten Sukabumi 2017
    Anggi Restiani (Jampang Tengah) & Sirly Abdul Basit (Parakansalak)
  5. Mojang Jajaka Kameumeut (Favorite) Kabupaten Sukabumi 2017
    Fitria Ramadhani (Cibadak) & Diana Agustina (Cibadak)
  6. Mojang Jajaka Motekar (Berbakat) Kabupaten Sukabumi 2017
    Laras Ramadhania (Parungkuda) & Shidqi Rizqullah (Sukabumi)
  7. Mojang Jajaka Intelegensia Kabupaten Sukabumi 2017
    Inggit Mutia (Sukaraja) & Ujang Hendi (Nagrak)
  8. Mojang Kewes Jajaka Gendes (Photogenic) Kabupaten Sukabumi 2017
    Cruchita Lia Nuryaman (Simpenan) & Virgi Setiawan (Nagrak)

Adapun penghargaan lain yang diraih seperti Photo Challange dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kementrian Pertanian diraih oleh Jajaka asal Nagrak Virgi Setiawan dan Best Design Kain Batik Modifikasi khas Kabupaten Sukabumi diraih oleh Mojang asal Kebonpedes Syifa Munzia.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan